Skip to main content

SOLO FANGIRL TRAVELLING

SOLO FANGIRL TRAVELLING


Fangirl travelling, sebutan yang aku buat sendiri, gatau apakah memang ada sebutan itu or ga, adalah bepergian dengan tujuan menemui idol group tercinta. Aku mulai bepergian sejak 2011 dan rasanya aku udah cukup makan manis asam pahitnya fangirl travelling untuk berbagi pengalaman. Mulai dari bangun pagi-pagi buat kebandara, lari-lari dibandara, ketinggalan pesawat, geret koper berat kebandara, koper ga sampai bareng (ketinggalan ditempat transit oleh maskapai penerbangan), nyasar, you name it. Untunglah sampai saat ini ga pernah ada hal-hal yang sangat buruk terjadi. Blog ini dikhususkan untuk fangirl travel ke Korea Selatan dan Jepang karena dua negara itu udah kayak holy land buat Kpopers. Secara umum, Seoul dan Jepang (Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka) sangat aman untuk solo traveller cewek, tapi ya kamu harus pakai common sense juga, cari tau daerah-daerah rawan yang harus dihindari, hindari tempat sepi, jangan pulang terlalu malam apalagi kalau sendirian. Seaman-amannya Korea Selatan dan Jepang, tentu saja kriminalitas masih ada, bukannya nakut-nakutin tapi harus selalu waspada.
Cara travelling tiap orang beda-beda, sesuai kenyamanannya masing-masing dan hal tersebut sangat berpengaruh pada budget. Aku sendiri tipe yang nyantai karena biasanya travelling solo yang lebih bebas dan fleksibel. Aku ga terlalu suka kegiatan yang panas / outdoor jadi aku sering pergi shopping atau kuliner doang sekarang. Blog ini akan memuat A-Z solo fangirl travelling to Seoul and Japan (Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka) yang akan dibahas secara garis besarnya dalam kategori-kategori dibawah ini:

Keberangkatan
Kedatangan
Surviving SEOUL
Surviving JAPAN (Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka)
Going back home




Untuk Visa kemungkinan tidak dibahas disini karena aku ga tinggal di Jakarta, biasa aku minta bantuan teman. Travel agent biasanya persyaratan visa lebih rumit, kalau ada teman atau keluarga yang bisa dipercaya di Jakarta mungkin bisa diminta bantuannya.

Note: Untuk pembuatan paspor bisa dilihat disini (pada umumnya seperti ini, bisa di crosscheck dikantor imigrasi kotamu / cek website imigrasi)

Untuk pembuatan VISA KOREA SELATAN bisa dilihat disini
Untuk pembuatan VISA JEPANG bisa dilihat disini (note: website konsulat Jepang selalu update dan jelas).

Pada dasarnya, asal persyaratan lengkap, membuat paspor dan visa itu mudah, tidak perlu takut untuk mengajukan permohonan visa sendiri. Ikuti saja alurnya, kalau bingung kemana, tanya petugas atau orang disamping (cari yang bawa banyak berkas biasanya calo yang tau seluk beluk prosesnya).
Jangan takut apabila paspor masih kosong dan tabungan pas-pasan, biasanya, asalkan kamu punya cukup bukti mendukung kalau kamu terikat kuat di Indonesia (punya pekerjaan / sedang sekolah) dan tabungan mencukupi untuk biaya di Korea Selatan / Jepang (asumsi satu hari biaya satu juta maka kalau bepergian 7 hari, setidaknya ada 7 juta atau lebih ditabunganmu).


Blog ini masih dalam proses pembuatan dan hanya membahas hal-hal yang essential saja, dan tidak 100% applicable untuk semua orang karena pasti ada hal-hal yang tidak terduga yang dapat mempengaruhi perjalanan. Akan ada perbaikan besar dalam layout dan revisi kecil dalam konten (penambahan gambar, revisi penulisan).




STAY TUNED!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Packing Barang Bawaan

disclaimer: post ini hanya saran,  dicocokkan saja dengan situasi dan kondisi travel mu. Yang perlu diperhatikan dalam packing barang bawaan adalah: negara tujuan, musim, dan berapa lama tinggal disana. Untuk Seoul dan Jepang sendiri tidak terlalu ada batasan dalam berpakaian. Bawalah pakaian yang nyaman dipakai dan sesuai musim. Hindari membawa terlalu banyak pakaian, bawa seperlunya saja dan cuci di hostel / guesthouse (penting untuk cari tau apa guesthouse menyediakan washing machine!). Disarankan untuk bepergian, bawalah dua tas. Satu untuk dibawa ke kabin (tidak harus koper, yang penting muat untuk membawa barang bawaan diluar barang yang masuk handbag, cewek kan biasa suka bawa handbag kemana-mana) dan satu koper untuk bagasi check-in. Buatlah catatan barang yang kamu perlukan dan selalu cek ulang sampai daftar barang lengkap masuk semua. Dibawah ini kira-kira bisa menjadi gambaran untuk barang yang perlu dibawa: Packing Handbag dan Bagasi Kabin Dompet: uan

BTS SUGA's Mother's 큰맘할매순대국 Restaurant in Daegu Review + How to get there

Note: based on the info circulating online, the restaurant has transferred ownership by 29 August 2017 because Yoongi's family moved to Seoul. The restaurant's twitter has also been taken down. The restaurant is owned by Yoongi's family in his hometown. It is not located in Seoul, it is in Daegu and it takes approx. 105 minutes by KTX to get to Daegu from Seoul. The restaurant itself is a branch of  chain restaurant (hence it says since 1937). click on the picture to enlarge. How to get there: Take KTX Seoul station to Dongdaegu station. Ticket is approx. 47000 won/one way/per person (other ktx ticket option:  korail pass ), check KTX timetable  here . KTX from Incheon Airport is available but the departing time available is limited compared to Seoul Station which has a train departing every 30-60 minutes. Please note that KTX procedure is a bit different than train experience I have in another country. The platform is not gated and it might be pretty confusi