Skip to main content

Membuat E-Paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya

disclaimer: isi tulisan ini BENAR per 22 Mei 2017, tidak menutup kemungkinan terjadi perubahan setelahnya. harap diingat tiap kota, tiap kantor imigrasi dan tiap petugas imigrasi memiliki peraturan dan pertimbangan masing-masing sehingga ada kemungkinan pemohon paspor mengalami hal yang berbeda. Pastikan untuk selalu cross check ke pihak terkait supaya ga repot bolak-balik. web imigrasi

Paspor adalah hal wajib untuk bepergian keluar negeri. Tanpa paspor (dan visa tentunya) maka jangan harap bisa bertemu oppa di Korea. Ada dua tipe paspor yang tersedia yaitu paspor biasa (355rb) dan e-paspor (655rb).

E-paspor sementara ini hanya tersedia di Jakarta, Surabaya, dan Batam:

  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Bandara Soekarno-Hatta
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Pusat
  • Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Utara
  • Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya
  • Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam. 
Sedangkan paspor biasa bisa dibuat dikantor imigrasi yang melayani pembuatan paspor dikota mana saja. Perbedaan E-paspor adalah memiliki chip khusus yang menyimpan data pemilik paspor dan bisa digunakan di autogate bandara (Jakarta dan Denpasar) dan bebas visa jepang (tetap mesti mendaftar dulu tapi bebas biaya).

Kapan perlu membuat paspor? Imho, walaupun kamu belum mau bepergian, kalau ada budget tentunya, buatlah paspor karena siapa tau suatu saat tiba-tiba ada rejeki dan bisa bepergian jadi ga repot dan buru-buru bikin. Apalagi kalau kamu membuat paspor baru yang mungkin saja syarat-syaratnya harus diurus (mungkin belum e-ktp atau ada hal-hal yang kurang / tidak sinkron) sehingga membuat pengurusan paspor mu tersendat. Lalu, membuat visa pun memakan waktu pula, jadi urus-urus paspor dan visa sebaiknya jangan mepet-mepet. Paspor berlaku selama 5 tahun dan walaupun kamu ga sering bepergian, maybe sekali-dua kali bakal ada kesempatan? Tapi kalau ditanya petugas imigrasi saat wawancara jangan dijawab begitu ya, bisa-bisa diomelin. Jawab aja yang simpel dan praktis kalau ditanya mau kemana: mau liburan jalan jalan ke jepang / singapore / malaysia.

Sebelumnya aku pernah menulis kalau ga akan membahas pembuatan paspor tapi berhubung aku perlu mengganti paspor karena yang lama masa berlakunya habis (kurang dari 6 bulan) jadi sekalian aja buat bahan sharing di blog. Aku pilih e-paspor gada alasan khusus sih, cuma lagi pengen aja. 

Sebaiknya sebelum pergi, telpon 0318531785 dan tanyakan apakah bisa membuat e-paspor karena kadang stok e-paspor kosong cukup lama (bisa sebulanan lebih) jadi lebih baik ditanya dulu daripada capek-capek antri.

E-paspor ini aku buat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya di Waru, Sidoarjo pada 22 Mei 2017 (per 17 Juli 2017 Kantor Imigrasi PINDAH ke Jalan Raya Juanda KM 3-4, tidak diberikan nomor or ancer-ancer spesifik, ini jalan menuju Terminal 2 Bandara Juanda). Aku sendiri berasal dari luar daerah dan tidak ada masalah karena memang paspor bisa dibuat di Kantor Imigrasi mana saja.

Dokumen yang diperlukan (ASLI dan copy 1x di kertas A4)
  1. E-KTP (tidak perlu diperbesar, dicopy bolak balik dalam 1 halaman depan) atau surat keterangan sudah rekam E-KTP.
  2. KSK (kartu susunan keluarga yang terbaru berwarna biru dan sudah ditandatangani kepala keluarga).
  3. Ijazah (SD/SMP/SMA), atau Akta Lahir.
  4. Khusus untuk yang sudah punya paspor sebelumnya dan ingin mengganti karena masa berlaku habis, copy depan (bagian foto) dan belakang (bagian data diri) dalam 1 halaman depan. Paspor lama juga harus diserahkan selama pembuatan paspor baru (akan dikembalikan saat pengambilan paspor baru).
  5. 1 materai 6000 untuk surat pernyataan permohonan paspor (surat disediakan oleh pihak imigrasi).
  6. Formulir permohonan, surat pernyataan permohonan paspor, map kuning (poin ke enam ini semua diberikan GRATIS oleh imigrasi setelah berkas lolos dicek).
  7. optional: Surat Rekomendasi dari tempat kerja / surat domisili / kartu mahasiswa. (Note: sepertinya tidak wajib tapi kalo memang punya atau bisa mendapatkannya bisa aja dibawa untuk jaga-jaga, aku sih cuma bawa poin 1-6 tidak diminta yang lain-lain).

Harap pastikan semua data (nama, tanggal lahir, etc) dalam semua dokumen itu SAMA. Beda sedikit saja baik huruf atau angka maka imigrasi akan menolak untuk memprosesnya apapun alasannya.

Dulunya, persyaratan pemohon paspor baru & paspor pengganti sama. Tapi per 24 mei 2017 khusus persyaratan untuk pemohon paspor pengganti berubah, cukup KTP dan Paspor lama saja.

Harap diingat prosedur diatas untuk dewasa saja. Anak berusia kurang dari 17 tahun wajib bersama orang tua dan ada persyaratan tambahan.

Prosedur Permohonan:
(Note: kalo dikota kecil sepertinya jumlah pemohon tidak akan seramai kota besar / normal)

jam 8.40 sudah bisa pulang~

Di Surabaya sendiri berdasarkan hasil membaca blog orang lain, rata-rata menyarankan untuk datang sepagi mungkin untuk mendapatkan no antrian awal. Pengambilan nomor antrian tidak bisa diwakilkan, harus diambil sendiri. Nomor antrian diambil menggunakan mesin dimana untuk mencetak harus menginput sidik jari. Apabila rumah jauh sebaiknya setelah ambil nomor menunggu disana saja. Pagi-pagi cuaca masih adem dan banyak kok yang datang pagi juga. Aku datang jam 4.10wib dan langsung menuju pos satpam untuk mengambil no antrian dan mendapat no antrian cek berkas CS-013. Bawalah air minum dan snack bila diperlukan. Kamu bisa masuk ke area kantor dan boleh duduk menunggu di area belakang atau ke WC, kamu akan diberikan pass yang dikalungkan dileher selama berada didalam area kantor Imigrasi.

datang jam 4.10 dapet nomor segini, apa kabar yang nomor satu?


Jam 6.00wib pemohon dikumpulkan di Ruang Tunggu Imigrasi (gedung kaca) untuk dibriefing hal-hal yang perlu diperhatikan:
  • membawa dokumen asli
  • memastikan data dalam dokumen semuanya sinkron / sama.
  • copy dokumen dikertas A4 1x (bisa copy di fotocopy Imigrasi didekat Mesjid / Swalayan, buka jam 7 dan menurutku kalo ga sempat copy sebelum pergi ke kantor Imigrasi masih sempat banget copy disana, sejauh yang aku liat sih waktu aku disitu antrian ga terlalu panjang dan kerjanya cepat).
  • tidak boleh pakai celana pendek / hotpants / rok mini / baju tanpa lengan / sendal jepit / contact lens (sebaiknya pakai kacamata or yang warnanya bening). Standar berpakaian celana panjang/jeans, baju berkerah lengan pendek/panjang, sepatu.
  • agar tidak jauh-jauh dari Ruang Tunggu dan perhatikan layar antrian cek berkas & wawancara foto supaya nomor tidak kelewatan



Jam 6.30wib pengecekan berkas dimulai. Berkas yang diminta akan dicek. Akan dipanggil satu-satu dan setelah dicek apabila sudah sesuai ketentuan makanakan diberikan Formulir aplikasi dan surat pernyataan permohonan paspor dalam map kuning. Jangan lupa bilang pada petugas kalau ingin e-paspor. Lalu, dulu perlu membuat surat pernyataan untuk meminta paspor lama tapi sekarang sudah otomatis dikembalikan saat pengambilan paspor baru. Dalam pengecekan berkas ini biasanya ada yang 'gugur' karena dokumen bermasalah (ada ketidaksamaan data) dan hal lainnya. Aku sendiri setelah cek berkas dapat no antri B-008.

dari CS-013 ke B-008

Isi formulir dan surat pernyataan dan lampirkan copy berkas yang diminta dalam map kuning lalu tinggal tunggu dipanggil sesi wawancara dan foto. Kantor mulai beroperasi jam 8.00wib dan sekitar 8.20wib aku sudah dipanggil maju. Sesi wawancara simpel hanya menyerahkan map kuning kepada petugas, mencocokkan data, dan ditanya kerja apa terus mau kemana. Lalu langsung foto dan setelahnya diberikan blangko pembayaran paspor, proses selesai dalam waktu sekitar 10menit apabila semua lancar. Penerbitan E-paspor memakan waktu 3 minggu, lebih lama dari paspor biasa. Untuk memastikan, tanyalah pada petugas untuk estimasi jadinya paspor.

Pembayaran paspor sebaiknya dilakukan segera jangan menunggu last minute, nanti malah kelupaan. Lagipula semakin cepat semakin baik karena paspor baru diproses setelah pembayaran. Sekarang pembayaran paspor rata-rata sudah bisa disemua bank, hanya saja sepertinya sosialisasi bank terhadap karyawan kurang jadi kadang ada yang menolak. Amannya sih ke BNI aja. Yang terdekat dengan kantor Imigrasi ada digedung disebelah City of Tomorrow Mall /UPH. Ketika dibank tinggal serahkan blangko pembayaran paspor dan uang keteller. Simpan blangko pembayaran dan bukti bayar untuk pengambilan nantinya.

blangko pembayaran dan bukti pembayaran bank


So far pengalaman mengurus paspor tidak sesulit yang aku khawatirkan. Petugasnya kerjanya cepat dan sesuai keperluan (tidak banyak bicara tapi kalau ditanya sih sangat tanggap). Ruang tunggu nyaman dan ber AC. Yang agak kurang sepertinya lahan parkir yang sulit (lebih baik naik motor atau taxi saja) dan petugas pemeriksa berkas yang kurang banyak.

Pengambilan Paspor

Sekitar 2 minggu aku iseng coba tanya status paspor dengan menelepon ke 0318531785 dan menyebutkan 6 digit terakhir no permohonan. Paspor sudah jadi! Langsung saja siangnya aku ambil. Prosedurnya gampang sekali:
  • bawa blangko pembayaran dan bukti pembayaran ke Kantor Imigrasi tempat membuat paspor. Sampai disana lalu mendapatkan pass untuk masuk area kantor. Tempat mengambil paspor ada disebelah KIRI masuk (tanya satpamnya kalo ragu-ragu, jangan malu tanya). Kalau membuat paspor di KANAN MASUK / lurus aja dari pos satpam.
  • di loket pengambilan paspor ambil no antrian di mesin dengan menscan barcode di blangko pembayaran atau memasukkan no permohonan secara manual untuk mendapatkan no antrian.
  • tunggu nomor dipanggil dan setelah dipanggil serahkan nomor dan bukti pembayaran ke petugas loket.
  • cek paspor yang diserahkan agar tidak ada kesalahan. Paspor lama juga akan dikembalikan saat mengambil paspor baru. Kalau sudah oke, maka selesailah perjuangan membuat paspor :)

datang 10 menit sebelum loket pengambilan buka dapet nomor segini


paspor baru~ cetakannya agak kurang oke nih...

Comments

  1. Hey i wonder if u could tell us ur experience using normal passport to travel abroad. If we use epassport we can self check by scan it in the machine so what abt the normal one? Thank you

    ReplyDelete
  2. epassport can use both auto gate (as far as I know only Jakarta and Denpasar have auto gate) and through immigration officer (there will be officers sitting on a desk and checking your ticket and passport and stamp it for departure / arrival).

    Auto gate is mostly only applicable if you are the citizen of that country or living in that country for long period of time.

    Normal passport can only go through immigration officer.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Packing Barang Bawaan

disclaimer: post ini hanya saran,  dicocokkan saja dengan situasi dan kondisi travel mu. Yang perlu diperhatikan dalam packing barang bawaan adalah: negara tujuan, musim, dan berapa lama tinggal disana. Untuk Seoul dan Jepang sendiri tidak terlalu ada batasan dalam berpakaian. Bawalah pakaian yang nyaman dipakai dan sesuai musim. Hindari membawa terlalu banyak pakaian, bawa seperlunya saja dan cuci di hostel / guesthouse (penting untuk cari tau apa guesthouse menyediakan washing machine!). Disarankan untuk bepergian, bawalah dua tas. Satu untuk dibawa ke kabin (tidak harus koper, yang penting muat untuk membawa barang bawaan diluar barang yang masuk handbag, cewek kan biasa suka bawa handbag kemana-mana) dan satu koper untuk bagasi check-in. Buatlah catatan barang yang kamu perlukan dan selalu cek ulang sampai daftar barang lengkap masuk semua. Dibawah ini kira-kira bisa menjadi gambaran untuk barang yang perlu dibawa: Packing Handbag dan Bagasi Kabin Dompet: uan

BTS SUGA's Mother's 큰맘할매순대국 Restaurant in Daegu Review + How to get there

Note: based on the info circulating online, the restaurant has transferred ownership by 29 August 2017 because Yoongi's family moved to Seoul. The restaurant's twitter has also been taken down. The restaurant is owned by Yoongi's family in his hometown. It is not located in Seoul, it is in Daegu and it takes approx. 105 minutes by KTX to get to Daegu from Seoul. The restaurant itself is a branch of  chain restaurant (hence it says since 1937). click on the picture to enlarge. How to get there: Take KTX Seoul station to Dongdaegu station. Ticket is approx. 47000 won/one way/per person (other ktx ticket option:  korail pass ), check KTX timetable  here . KTX from Incheon Airport is available but the departing time available is limited compared to Seoul Station which has a train departing every 30-60 minutes. Please note that KTX procedure is a bit different than train experience I have in another country. The platform is not gated and it might be pretty confusi

SOLO FANGIRL TRAVELLING

SOLO FANGIRL TRAVELLING Fangirl travelling, sebutan yang aku buat sendiri, gatau apakah memang ada sebutan itu or ga, adalah bepergian dengan tujuan menemui idol group tercinta. Aku mulai bepergian sejak 2011 dan rasanya aku udah cukup makan manis asam pahitnya fangirl travelling untuk berbagi pengalaman. Mulai dari  bangun pagi-pagi buat kebandara,  lari-lari dibandara,  ketinggalan pesawat, geret koper berat kebandara, koper ga sampai bareng (ketinggalan ditempat transit oleh maskapai penerbangan),  nyasar,   you name it. Untunglah sampai saat ini ga pernah ada hal-hal yang sangat buruk terjadi. Blog ini dikhususkan untuk fangirl travel ke Korea Selatan dan Jepang karena dua negara itu udah kayak holy land buat Kpopers. Secara umum, Seoul dan Jepang (Tokyo, Osaka, Nagoya, Fukuoka) sangat aman untuk solo traveller cewek, tapi ya kamu harus pakai common sense juga, cari tau daerah-daerah rawan yang harus dihindari, hindari tempat sepi, jangan pulang terlalu malam apalagi